|
A. KOMPETENSI
INTI
1. Kompetensi
Inti (KI 1):
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Kompetensi
Inti (KI 2):
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3. Kompetensi
Inti (KI 3):
Memahami pengetahuan factual dengan cara
mengamati [mendengarmelihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah dan di sekolah
4. Kompetensi
Inti (KI 4):
Menyajikan pengetahuan factual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1 Meyakini Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah
SWT.
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku yang meneladani
kehidupan masa remaja Nabi Muhammad saw.
|
|
3.1 Mengetahui bukti-bukti kerasulan Nabi
Muhammad saw.
|
3.1.1. Menyebutkan bukti-bukti kerasulan nabi
Muhammad saw.
3.1.2.Menjelaskan hikmah kerasulan Nabi Muhammad SAW
|
4.1 Menceritakan masa
remaja atau masa muda Nabi Muhammad
saw.
|
4.1.1
Menceritakan
masa remaja Nabi Muhammad SAW
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui uswah peserta didik meyakini
Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah
SWT dengan baik dan benar.
2.
Melalui pengamatan ( menyimak ) peserta didik dapat menyebutkan
perbedaan nabi dan rasul dengan baik dan benar
3.
Melalui pengamatan ( membaca ) peserta didik
dapat menunjukkan sikap yakin bahwa nabi Muhammad saw.
adalah utusan Allah swt dengan baik dan
benar
4. Melalui
proses tanya jawab dan ceramah , peserta
didik dapat menyebutkan bukti-bukti kerasulan nabi
Muhammad saw.dengan baik dan benar.
5. Melalui
diskusi kelompok peserta didik
dapat mempresentasikan masa remaja Nabi Muhammad dengan baik dan benar
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Bukti-bukti kerasulan nabi Muhammad saw.
(tambah materi pembelajaran)
2.
Masa remaja Nabi Muhammad SAW
3.
Hikmah kerasulan Nabi Muhammad saw
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Uswah
2.
Ceramah
3.
Tanya Jawab
4.
Diskusi
5.
Presentasi
6.
Kuis
F. MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media:
laptop, LCD,papan tulis
2. Alat/Bahan:
kertas karton, Bolpain,spidol
3. Sumber
Pembelajaran: Buku SKI Kelas 3
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke I
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
Ø Guru
memberikan salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa
Ø Guru
menanyakan kehadiran siswa
Ø Guru menanyakan
keadaan siswa.
Ø Guru merefleksi
pelajaran sebelumnya
Ø Guru
menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan di capai
Ø Guru
menjelaskan materi
pembelajaran yang akan dilaksanakan
Ø Guru
membentuk kelompok diskusi
b. Kegiatan
Inti (50
menit)
· Mengamati
Ø Peserta
didik membaca materi tentang bukti-bukti
dan hikmah kerasulan nabi Muhammad saw pada buku .siswa [ Pelajaran 3 )
Ø Peserta didik
mengamati tayangan slide tentang
bukti-bukti dan hikmah
kerasulan nabi Muhammad saw.
Ø
Peserta didik
menyimak penjelasan guru tentang bukti-bukti dan hikmah kerasulan nabi Muhammad
saw.
·
Menanya
Ø Peserta
didik bertanyajawab tentang bukti-bukti dan hikmah kerasulan nabi
Muhammad saw..
·
Eksplorasi
Ø Masing-masing
kelompok berdiskusi tentang
bukti-bukti dan hikmah kerasulan nabi Muhammad
saw
·
Mengasosiasi
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya merumuskan bukti-bukti dan hikmah kerasulan nabi
Muhammad saw
·
Mengkomunikasikan
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya mempresentasikan
tentang bukti-bukti dan hikmah kerasulan nabi
Muhammad saw secara
bergantian.
Ø Peserta didik
dari kelompok yang lain diberikan kesempatan untuk menyimak serta memberikan
tanggapan
c. Penutup
(10 menit):
Ø Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru
memberikan pekerjaan rumah
mandiri hal 40
Ø Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø Guru
mengajak berdoa membaca
hamdalah
dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
Pertemuan Ke II
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
Ø Guru
memberikan salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa
Ø Guru
menanyakan kehadiran siswa
Ø Guru menanyakan
keadaan siswa.
Ø Guru
mengumpulkan pekerjaan rumah peserta didik
Ø Guru
menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan di capai
Ø Guru
menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.Kegiatan
Inti (50
menit)
·
Mengamati
Ø Peserta
didik membaca ulang materi
tentang hikmah kerasulan nabi Muhammad saw serta masa remaja Nabi Muhammad pada
buku .siswa ( hal 37 )
Ø
Peserta didik
menyimak penjelasan guru tentang hikmah
kerasulan nabi Muhammad saw serta masa remaja Nabi Muhammad
·
Menanya
Ø Peserta
didik memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang hikmah kerasulan nabi Muhammad saw serta masa remaja
Nabi Muhammad.
Ø Peserta didik di
tugaskan guru membuat sebuah pertanyaan yang terkait dengan materi,yang
nantinya akan di jawab peserta didik yang lain.
Ø Setelah selesai
,guru mengumpulkan hasil pertanyaan yang telah di buat peserta didik
· Eksplorasi/eksperimen
Ø Guru menugaskan
salah satu peserta didik untuk membagikan pertanyaan dengan scara
acak kepada semua peserta didik
Ø Masing – masing
peserta didik menjawab dari pertanyaan yang telah di terima.
·
Menyajikan dan
mengkomunikasikan
Ø Peserta
didik secara individu
mempresentasikan jawabannya
b. Penutup
(10 menit):
Ø Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru
mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru
memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø Guru
mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
H. PENILAIAN
1.
Jenis/teknik penilaian
a. tes tulis
b.
Non tes
2.
Bentuk instrumen dan instrumen penilaian
a.
Tes Tulis bentuk uraian
1. Sebutkan 3 bukti-bukti
kerasulan Nabi Muhammad SAW!
2.
Sebutkan hikmah kerasulan Nabi Muhammad
SAW!
Kunci jawaban:
1.
a.pola
kehidupan di waktu kecil
2.
3.
3.Penskoran:
Skor
20 bila jawaban benar
Skor perolehan
Nilai
= ------------------- x 4
Skor maksimal
b. Instrumen
unjuk kerja menyajikan materi versi ke-1:
Rubrik Penilaian Diskusi
Pertemuan Ke I
No
|
Induk
|
Nama Peserta Didik
|
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Mengungkapkan Pendapat
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
|
Format Penilaian
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Pengungkapan Pendapat
|
Kerjasama = 4
|
Aktif =
4
|
Selalu berpendapat = 4
|
Kurang Bekerjasama = 3
|
Kurang Aktif = 3
|
Kurang mengungkapkan pendapat = 3
|
Tidak Mau bekerjasama= 2
|
Tidak Aktif = 2
|
Tidak Berpendapat = 2
|
CATATAN :
§
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 100.
Rubrik Penilaian Tanya Jawab
No
|
Induk
|
Nama Peserta Didik
|
Jawaban Benar
|
Jawaban Kurang Benar
|
Jawaban Salah
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
|
Format Penilaian
Jawaban Benar
|
Jawaban Kurang Benar
|
Jawaban Salah
|
3
|
2
|
1
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 100.
Rubrik Penilaian Pengerjaan
Soal
No
|
Induk
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai
|
|
|||
|
|||
|
Format Penilaian
Disesuaikan Banyaknya Soal
|
CATATAN :
Nilai Maksimal = 100.
Mengetahui Guru
Yang Mapel
Kepala Madrasah
AHMAD ABI DZAHRIN, S.Ag AHMAD KHABIB, S.Pd.I
Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment