Sunday, 31 January 2016

RPP Bentuk penyekutuan dan kepercayaan bangsa pra Islam



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah              : MI
Mata pelajaran      : SKI III (TIGA)
Materi Pokok         : Bentuk penyekutuan dan kepercayaan bangsa pra islam
Alokasi Waktu    : 2 jp

 

A.   KOMPETENSI INTI (diambilkan dari bunyi KI pada PERMENAG)
1.       Kompetensi Inti (KI 1):
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.       Kompetensi Inti (KI 2):
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.       Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yany dijumpainya dirumah di sekolah

4.       Kompetensi Inti (KI 4):
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN (KD diawali dari KD KI 3, dilanjut bunyi KD KI 4 yang sebunyi)
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1 Terbiasa menghindari sikap-sikap
menyekutukan Allah SWT. dengan makhluk-Nya sebagai bentuk penolakan terhadap
kepercayaan masyarakat jahiliyah Arab pra-Islam yang tidak sesuai dengan tuntunan agama
Islam
Tidak di isi karena uupp81 hal 39
2. Menunjukkan sikap pemberani, teguh
pendirian, memegang teguh janji, pantang
menyerah, suka menolong, dan menghormati
tamu sebagai bentuk amalan adat-istiadat
masyarakat Arab pra-Islam
3.1  Memahami adat-istiadat dan kepercayaan
masyarakat Arab pra-Islam
3.1.1 Menjelaskan pengertian adat dan istiadat dan kepercayaan
3.1.2 Menyebutkan macam-macam adat dan kepercayan masyarakat arab pra islam yang baik
3.1.3 Menyebutkan macam-macam adat dan kepercayan masyarakat arab pra islam yang jelek
3.1.4 Menjelaskan perbedaan macam-macam adat dan  kepercayaan arab pra islam antara baik dan buruk
3.1.5 Menunjukkan cara menghindari macam-macam adat yang jelek

4.1 Menceritakan kondisi alam, sosial, dan
perekonomian masyarakat Arab pra-Islam
   4.1.1 Menceritakan kondisi alam, social, dan perekonomian masyarakat Arab sebelum Islam.





C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

§  Melaluiuswah peserta didk dapat (dilanjutkan denganKD KI-1) plus Degree
§  Melalui ceramah (C) Peserta didik (A) dapat menjelaskan pengertian adat istiadat dan kepercayaan arab pra islam (B) dengan baik dan benar (D)
§   
§  Melalui membaca buku Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam adat dan kepercayan masyarakat arab pra islam yang terpuji
§  Melalui diskusi Peserta didik dapat Menyebutkan macam-macam adat dan kepercayan masyarakat arab pra islam yang tercela
§  Melalui penugasan Peserta didik dapat Menjelaskan perbedaan macam-macam adat dan  kepercayaan arab pra islam antara terpuji dan tercela
§  Melalui ingkuiri Menunjukkan cara menghindari macam-macam adat yang tercela

D.   MATERI PEMBELAJARAN

-           Sifat dan watak yang baik masyarakat arab  pra islam
Pemberani
Penolong
Pantang mundur
Memenuhi janji
Suka hidup bebas
-          Sifat dan watak yang jelek masyarakat arab pra isllam
Menyembah berhala
Mengubur anak perempuan hisup-hidup
Mengawini bekas istri  ayahnya
Berpesta pora dan bermabuk-mabukaqn
Memperjualbelikan manusia untuk perbudakan
Perang antar suku

E.    METODE PEMBELAJARAN
ceramah/ Inkuiri/diskusi/Min Maping
F.    MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media: laptop,buku,papan tulis
2.       Alat/Bahan spidol, kertas, Glukol
G.   Sumber Pembelajaran: buku SKI kelas III

H.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa
·      Guru memperkenalkan diri dilanjutkan dengan mengenal peserta didik melalui absensi
·      Guru mempersiapkan fisik dan psikis pesetta didik melalui senam otak
·      Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan di capai
·      Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksnakan
·      Guru membentuk kelompok diskusi
b.      Kegiatan Inti (50 menit)
·      Mengamati
Ø Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian adat istiadat dan kepercayaan
Ø Peserta didik membaca tentang tentang  adat istiadat dan kepercayaan
Ø Peserta didik berdiskusi  tentang pengertian adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab pra islam
·      Menanya
Ø Peserta didik memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang adat istiadat dan kepercayaan
Ø Peserta didik pada saat membaca mengalami masalah, maka peserta didik disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.

·      Eksplorasi/eksperimen
Ø Masing-masing kelompok berdiskusi tentang adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab pra islam
Ø Masing-masing kelompok mengklasifikasikan  adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab pra islam yang terpuji dan tercela
·      Mengasosiasi
Ø Peserta didik melalui kelompoknya mengklasifikasikan  adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab pra islam yang terpuji dan tercela
Ø Peserta didik melalui kelompoknya membuat peta konsep adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab pra islam yang terpuji dan tercela
·      Mengkomunikasikan
Ø Masing-masing kelompok secara bergantian memaparkan mind mapping di depan kelas

c.       Penutup (10 menit):
Ø Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Ø Guru mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
I.      PENILAIAN
1. Jenis/teknik penilaian
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran
1. Jenis dan teknik penilaian
a. Tes Tulis bentuk uraian
    1. jelaskan pengertian adat istiadat!
    2. jelaskan pengertian Kepercayaan !
    3. sebutkan adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab pra islam yang                           terpuji !
    4. sebutkan adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab pra islam yang         tercela!
  
 Kunci jawaban:
1.    Adat adalah tata kelakuan yang kekal secara temurun dari generasi satu ke generasi lain integrasinya dengan prilaku masyarakat.
2.    Kepercayaan adalah anggapan atau keyakinan bahwa sesuat yang dipeercaya itu benar
3.    – pemberani,suka hidup bebas, memenuhi janji, suka menolong
4.    – Menyembah berhala, mengubur anak perempuan hidup-hidup,mengawini perempuan bekas istri ayahnya, berpesta pora dan bermabuk-mabukan, berperang antar suku dan memperjual belikan manusia untuk budak

Penskoran:
Skor 5 jika jawaban benar
Skor 3 jika jawaban kurang benar
Skor 1 jika jawaban tidak benar/tidak menjawab

          Skor perolehan
Nilai = ------------------- x 100
         Skor maksimal


b. Instrumen unjuk kerja menyajikan materi versi ke-1:
No

Nama Peserta didik

Aspek yang dinilai
Skor
Kebenaran konsep
Keberanian
Bahasa
Kelancaran






























Penskoran:
Skor 4 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran SANGAT BAIK
Skor 3 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran BAIK
Skor 2 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran CUKUP BAIK
Skor 1 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran KURANG BAIK

           Skor perolehan
Nilai = ------------------- x 4
                                Skor maksimal


Mengetahui,                                                                                       Klampok, 3 Juli 2015
Kepala MI.Miftahul Huda                                                                 Guru Mapel
AHMAD ABI DZARRIN, S.Ag                                                       AHMAD KHABIB, S.Pd.I

format RPP Permendikbud 81A/2013 Lamp. IV
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah              : MIN
Mata pelajaran      : SKI III (TIGA)
Materi Pokok         : Masyarakat Arab Pra Islam )
Alokasi Waktu    : 2 jp
 




J.     KOMPETENSI INTI (diambilkan dari bunyi KI pada PERMENAG)
5.       Kompetensi Inti (KI 1):
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
6.       Kompetensi Inti (KI 2):
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
7.       Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yany dijumpainya dirumah di sekolah
8.       Kompetensi Inti (KI 4):
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
K.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN (KD diawali dari KD KI 3, dilanjut bunyi KD KI 4 yang sebunyi)
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1 Terbiasa menghindari sikap-sikap
menyekutukan Allah SWT. dengan makhluk-Nya sebagai bentuk penolakan terhadap
kepercayaan masyarakat jahiliyah Arab pra-Islam yang tidak sesuai dengan tuntunan agama
Islam

Tidak di isi karena uupp81 hal 39
2. Menunjukkan sikap pemberani, teguh
pendirian, memegang teguh janji, pantang
menyerah, suka menolong, dan menghormati
tamu sebagai bentuk amalan adat-istiadat
masyarakat Arab pra-I
3.1  Memahami adat-istiadat dan kepercayaan
masyarakat Arab pra-Islam
3.1.1 Menjelaskan Pengertian adat dan istiadat dan kepercayaan
3.1.2 Menyebutkan macam-macam adat dan kepercayan masyarakat arab pra islam yang baik
3.1.3 Menyebutkan macam-macam adat dan kepercayan masyarakat arab pra islam yang jelek
3.1.4 Menjelaskan perbedaan macam-macam adat dan  kepercayaan arab pra islam antara baik dan buruk
3.1.5 Menunjukkan cara menghindari macam-macam adat yang jelek

4.1 Menceritakan kondisi alam, sosial, dan
perekonomian masyarakat Arab pra-Islam
§  4.1.1 Menceritakan kondisi alam, social, dan perekonomian masyarakat Arab sebelum Islam.





L.     TUJUAN PEMBELAJARAN

§  Melalui ceramah Peserta didik dapat menjelaskan pengertian adat istiadat dan kepercayaan arab pra islam dengan baik dan benar
§  Melalui membaca buku Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam adat dan kepercayan masyarakat arab pra islam yang baik
§  Melalui diskusi Peserta didik dapat Menyebutkan macam-macam adat dan kepercayan masyarakat arab pra islam yang jelek
§  Melalui penugasan Peserta didik dapat Menjelaskan perbedaan macam-macam adat dan  kepercayaan arab pra islam antara baik dan buruk
§  Melalui ingkuiri Menunjukkan cara menghindari macam-macam adat yang jelek
Kalimat tujuan pembelajaran mencerminkan PROSES DAN HASIL, yang terdapat unsur A, B, C, D.
A=AUDIENCE/PESERTA DIDIK
B= BEHAVIOUR/KEMAMPUAN PERILAKU/PENGETAHUAN/KETRAMPILAN
C=CONDITION/SITUASI,KEADAAN
D=DEGREE/TINGKATAN,PERBANDINGAN
1.       Melalui pemberian uswah, peserta didik dapat menunjukkan keyakinan fikih Islam dengan baik dan benar
2.       Melalui proses tanya jawab dan ceramah (C), peserta didik (A) dapat/mampu (larikan ke bunyi indikator) menjelaskan dasar-dasar fikih dalam Islam (B) dengan berani, baik, dan benar (D)
3.       Melalui diskusi kelompok (C) peserta didik (A) dapat menyebutkan prinsip ibadah dalam Islam (B) dengan benar (D)
4.       Melalui inkuiri peserta didik dapat/mampu menjelaskan pengertian syariah  dan fikih dengan benar
5.       Melalui presentasi peserta didik dapat menyajikan konsep fikih dengan percaya diri, baik dan benar

M. MATERI PEMBELAJARAN
-           Sifat dan watak yang baik masyarakat arab  pra islam
Pemberani
Penolong
Hidup bebas
-          Sifat dan watak yang jelek masyarakat arab pra isllam
Menyembah berhala
Mengubur anak perempuan hisup-hidup
Mengawini bekas istri  ayahnya
Berpesta pora dan bermabuk-mabukaqn

N.   METODE PEMBELAJARAN
(Ambilkan unsur C pada kalimat tujuan)
Uswah/contoh/modelling, tanya jawab dan cemarah, diskusi

O.   MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
3.       Media: laptop, LCD,papan tulis
4.       Alat/Bahan: kertas karton, spidol
5.       Sumber Pembelajaran: buku fikih klas x, Al-Qur’an terjemah, internet, kitab fakhul qorib, LKS, lingkungan alam sekitar
P.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

d.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Guru mengucapkan salam dan meminta salahsatu oeserta didik memimpin doa
·      Guru memperkenalkan diri dilanjutkan dengan mengenal peserta didik melalui absensi
·      Guru mempersiapkan fisik dan psikis pesetta didik melalui senam otak
·      Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi uyang akan di capai
·      Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksnakan
·      Guru membentuk kelompok diskusi
e.      Kegiatan Inti (70 menit) kata kerja pada saintifik, lihat di file power point dengan kode 2.1.2:
·      Mengamati
Ø Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pengertian fikih dan syariah
Ø Peserta didik mengamati tayangan slide tentang prinsip  ibadah dan syariah
Ø Peserta didik membaca
·      Menanya
Ø Peserta didik memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang pengertian syariah
Ø Peserta didik bertanyajawab tentang slide yang belum difahali terkait prinsip ibadah dan syariah
·      Eksplorasi/eksperimen
Ø Masing-masing kelompok berdiskusi tentang prinsip ibadah dan syariah
Ø Masing-masing kelompok menggali pengertian syariah pada internet/buku sumber lain
·      Mengasosiasi
Ø Peserta didik melalui kelompoknya merumuskan prinsip ibadah dan syariah
Ø Peserta didik melalui kelompoknya membuat peta konsep tentang fikih Islam
·      Mengkomunikasikan
Ø Masing-masing kelompok secara bergantian memaparkan mind mapping di depan kelas
Ø Secara bergantian, masing-masing kelompok mempresentasikan/menyajikan hasil diskusinya tentang konsep fikih dalam Islam
f.        Penutup (10 menit):
Ø Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Ø Guru mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
Q.   PENILAIAN
1. Jenis/teknik penilaian
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran
a. Tes Tulis bentuk uraian
    1. jelaskan pengertian syariah!
    2. jelaskan pengertian fikih!
    3. sebutkan prinsip-prinsip ibadah!
    4. Jelaskan dasar-dasar fikih dalam Islam!
    Kunci jawaban:
1.    AHMAD KHABIB, S.Pd.I..
2.    AHMAD KHABIB, S.Pd.I..
3.    AHMAD KHABIB, S.Pd.I....
4.    AHMAD KHABIB, S.Pd.I....
Penskoran:
Skor 5 jika jawaban benar
Skor 3 jika jawaban kurang benar
Skor 1 jika jawaban tidak benar/tidak menjawab

          Skor perolehan
Nilai = ------------------- x 4
         Skor maksimal



b. Instrumen unjuk kerja menyajikan materi versi ke-1:
No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor
Kebenaran konsep
Keberanian
Bahasa
Kelancaran






























Penskoran:
Skor 4 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran SANGAT BAIK
Skor 3 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran BAIK
Skor 2 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran CUKUP BAIK
Skor 1 jika kebenaran konsep, keberanian, bahasa, kelancaran KURANG BAIK

           Skor perolehan
Nilai = ------------------- x 4
                                Skor maksimal

Instrumen performance menyajikan konsep versi ke 2:
Nama peserta didik:
Aspek yang dinilai
Skor
4
3
2
1
Kebenaran konsep
Jika konsepnya benar dan sesuai dengan yang ada pada buku pelajaran
Jika konsepnya benar tetapi kurang dari buku pelajaran
Jika konsepnya kurang benar
Jika konsepnya tidak benar
Keberanian
Jika tanpa ditunjuk sudah berani tampil
Jika ditunjuk baru berani tampil
Jika dipaksa baru berani tampil
Jika tidak berani tampil
Bahasa
Jika bahasanya komunikatif, mudah dipahami serta santun peyampaiannya
Jika bahasanya komunikatif, mudah dipahami tapi kurang santun
Jika bahasanya kurang komunikatif, sulit mudah dipahami dan kurang santun
Jika bahasanya tidak komunikatif, sulit dipahami, dan tidak santun
Kelancaran
Jika penyampaiannya sangat lancar
Jika penyampaiannya  lancar
Jika penyampaiannya kurang  lancar
Jika penyampaiannya tidak lancar

            Skor perolehan
Nilai = --------------------- x 4
           Skor maksimal

Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                 Klampok, 3 Juli 2015
Kepala MI Miftahul Huda                                                                        Guru Mapel
  


AHMAD ABI DZARRIN, S.Ag                                                              AHMAD KHABIB, S.Pd.I

                                                         SEMOGA BERMANFAAT 
Untuk lengkapnya silahkan DOWNLOAD





                               

No comments:

Post a Comment